Bimbingan dari Master Yin Guang
2.20.
Makna dari Pelimpahan Jasa
Segala kebajikan
yang ditimbun oleh diri sendiri, tak peduli itu adalah membaca sutra, melafal
Amituofo dan sebagainya, mengikuti berbagai jasa kebajikan yang diperbuat diri
sendiri, kelak pasti bisa memperoleh berbagai pahala Alam Dewa dan Manusia.
Melimpahkan jasa
adalah mengalihkan benih sebab kelak memperoleh pahala, dilimpahkan ke Alam
Sukhavati, menjadi buah akibat untuk mengakhiri samsara, mencapai KeBuddhaan.
Jasa kebajikan yang
kita perbuat merupakan benih sebab pahala Alam Dewa dan Manusia, kini
dilimpahkan untuk terlahir ke Alam Sukhavati. Kebajikan yang semula dilakukan
oleh satu individu, hasilnya dilimpahkan kepada semua makhluk.
Meskipun cara
melimpahkan jasa itu tidak serupa, namun melimpahkan jasa ke Tanah Suci
Sukhavati merupakan satu-satunya yang paling terunggul, oleh karena apabila
melimpahkan jasa dengan membangkitkan sebuah niat mulia, tetapi tidak bertekad
terlahir ke Alam Sukhavati, maka niat mulia tersebut juga sulit terwujud; bila
berhasil terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, maka tidak ada harapan yang takkan
terwujud.
Maka itu segala
jasa kebajikan yang diperbuat, meskipun memiliki harapan yang tidak serupa,
juga tetap harus dilimpahkan ke Tanah Suci Sukhavati.
Penulis : Venerable Shi Jian-wen
回向的意義
自己所修的一切善事,無論是誦經、念佛等,隨自己所做的种种功德,將來一定可以得到种种的人天福報。回向,就是把現在這些功德,將來得福報的善因,回轉向西方极樂世界,作為超凡入圣、了生脫死,以至將來究竟成佛的果報。不再只是人天之福而已。
用這個“回”字,有不隨世情的意思,用“向”字,有決定希望脫离、出世的意思。所謂回因向果、回事向理、回自向他。我們所做的功德本來是人天福報因,現在將它回轉向得涅槃之果。本來所做的功德是生滅事,現在將它回轉向不生不滅的實相妙理。本來所做的功德屬于自行,現在回轉向法界一切眾生,這是回自向他。
回向真如實際,心心契合,這是回事向理。回向佛果菩提,念念圓滿,這是回因向果。回向法界眾生同生淨土,這是回自向他。
回向的方法雖然不一樣,但是回向淨土是唯一不二的最佳妙法,因為如果發其他大愿,而不求生淨土,則大愿難以成就;如果得生淨土,沒有不可以成就的愿望。因為如此,凡所做的一切功德,雖然有不同的期望,但是一定要回向淨土。
原文見《印光法師文鈔三編》上冊,頁四五九
釋見文編述