Bimbingan dari Master Yin Guang
3.8. Untaian Kata 71~80
71. 念佛方能消宿業,竭誠自可轉凡心。
71. Dengan
melafal Amituofo barulah dapat mengeliminasi karma masa kehidupan lampau,
dengan ketulusan sepenuhnya dapat mengalihkan hati awam menjadi hati suci.
72. 當力行善事,力戒惡事,近之則希賢希聖,遠之則了生脫死,成佛覺道矣!
72. Hendaknya giat melakukan
kebajikan, menjauhi segala kejahatan, terlebih dulu menjadi insan bijak dan
suci, lebih jauh selangkah adalah mengakhiri samsara, mencapai KeBuddhaan!
73. 學佛者,務要去人我之見,須己立立人,自利利他,然後方可言入道。`
73. Insan yang belajar Ajaran Buddha, hendaknya
menyingkirkan pandangan keakuan, mesti menjadi teladan yang baik bagi orang
lain sekaligus juga membantu mereka menjadi insan yang baik, memberi manfaat
bagi diri sendiri dan orang lain, kemudian barulah dapat membahas tentang
pelatihan diri.
74. 念佛一法,最好學愚夫愚婦,老實行持爲要,俗言:「聰明反被聰明誤,可不懼乎?」
74. Melatih metode pelafalan
Amituofo, paling bagus adalah meneladani Opa Oma yang lugu dan tidak mengerti
apa-apa, yang penting adalah mengamalkan dengan setulusnya, pepatah berkata : “Orang
pintar justru disesatkan oleh kecerdasannya, bukankah sungguh menakutkan?”
75. 一句南無阿彌陀佛,只要念得熟,成佛尚有余裕,不學密法(他法),又有何憾?
75. Sepatah Namo Amituofo, asalkan dilafal hingga trampil,
untuk mencapai KeBuddhaan sudah lebih dari cukup, tidak belajar metode lainnya,
apa yang patut disesali?
76. 當主敬存誠,于二六時中,不使有一念虛浮怠忽之相。及與世人酬酢,為以忠恕爲懷。則一切時, 一切處,惡念自無從而起。
76. Hendaknya membangkitkan rasa hormat dan
ketulusan, siang malam enam periode waktu, takkan ada hati munafik penuh
kepura-puraan dan lalai. Ketika melakukan interaksi sosial, hanya menggunakan
pikiran yang jujur dan memaafkan. Maka itu dalam segala waktu dan tempat, niat
buruk takkan timbul.
77. 今見好心出家在家四衆,多是好高騖遠,不肯認眞專修淨業;總由宿世善根淺薄,今生未遇通人。
77. Saat sekarang melihat banyak orang baik, empat jenis siswa
Buddha, yakni yang meninggalkan keduniawian menjadi Bhiksu-Bhiksuni dan
praktisi awam yakni Upasaka-Upasika, kebanyakan berambisi menggapai yang tinggi
tanpa memperhatikan kemampuan diri sendiri, tidak sudi menfokuskan diri melatih
metode Tanah Suci; ini dikarenakan oleh akar kebajikan masa kehidupan lampau
yang dangkal dan tipis, sementara pada masa kehidupan sekarang belum bersua
dengan kalyanamitra sejati.
78. 隨忙隨閑,不離彌陀名號。順境逆境,不忘往生西方。
78. Baik sibuk maupun luang, tak terpisahkan dari lafalan Amituofo. Dalam kondisi suka maupun duka, tidak lupa membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati.
79. 業障重、貪瞋盛、體弱、心怯,但能一心念佛,久之自可諸疾咸愈。
79.
Rintangan karma yang berat, keserakahan dan kebencian membara, tubuh lemah,
penakut, apabila dapat menfokuskan pikiran melafal Amituofo, lama kelamaan
penyakit-penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya.
80. 汝信心頗深,但好張羅及好遊、好結交,實爲修行一大障礙。其沈潛杜默,則其益無量。戒之!
80.
Meskipun keyakinan hatimu mendalam, tetapi kalau suka melibatkan diri dalam
interaksi sosial (janjian, menghadiri pertemuan, arisan atau kegiatan, jamuan
dsb), dan juga suka melancong, suka bergaul atau berkenalan, merupakan sebuah rintangan
terbesar dalam melatih diri. Sebaliknya mengasingkan diri dan tidak
bicara, memiliki manfaat tak terhingga. Ini adalah teguran!
Penulis
: Venerable Shi Jian-wen