Petikan
Ceramah Master Yin Guang 19
Nafsu
indria merupakan penyakit batin yang umumnya diderita oleh umat manusia di
dunia ini. Bukan hanya orang yang berakar kebijaksanaan menengah dan rendah
yang disesatkan olehnya, bahkan orang yang berakar kebijaksanaan tinggi,
apabila tidak merasa takut, tidak disiplin dalam menjalankan sila, tidak memiliki
pengendalian diri, juga sulit terhindar dari godaan rupa.
Cobalah
lihat sejak jaman dahulu kala hingga sekarang ini, berapa banyak ksatria yang
awalnya telah memenuhi syarat sebagai insan suci dan bijak, oleh karena gagal
melewati satu rintangan yakni godaan rupa, akhirnya mengalami kemerosotan batin
dan menjadi cacat moral, bahkan selamanya jatuh ke alam rendah, kasus begini
sudah sulit dihitung.
“Surangama
Sutra” menyebutkan : “Andaikata para makhluk di enam alam tumimbal lahir,
mereka tidak memiliki hati nafsu indria, maka mereka takkan dituntun oleh
siklus lahir dan mati yang berkelanjutan tak terputus. Kalian melatih samadhi,
sesungguhnya adalah demi keluar dari lingkaran tumimbal lahir. Tetapi bila hati
nafsu indria tidak disingkirkan, maka tidak dapat keluar dari lingkaran
tumimbal lahir”.
Orang
yang melatih diri, sesungguhnya adalah demi keluar dari lingkaran samsara.
Andaikata tidak membulatkan tekad untuk mengenyahkan penyakit batin ini, maka
akar samsara sulit dipatahkan, sulit untuk keluar dari enam alam tumimbal
lahir.
Pintu
Dharma Pelafalan Amituofo, walaupun membawa serta karma terlahir ke Alam
Sukhavati, tetapi kalau tabiat nafsu indria itu masih begitu parah, sehingga
menjadi tembok pemisah dan sulit terjalin dengan Buddha Amitabha.
Hendaknya
memandang seluruh kaum hawa dengan :
1.
Pemikiran kekeluargaan
2.
Pemikiran benci
3.
Pemikiran ketidakbersihan
Pemikiran
kekeluargaan maksudnya adalah memandang wanita yang lebih tua usianya sebagai
ibunda, yang lebih besar usianya sebagai kakak perempuan, yang lebih kecil
usianya sebagai adik perempuan, yang lebih kecil lagi sebagai putri kandung. Meskipun
nafsu indria muncul juga takkan sudi ada pikiran buruk terhadap ibunda, kakak,
adik dan putri kandung sendiri.
Dengan
memandang seluruh wanita sebagai ibundaku, kakakku, adikku, putriku, maka akan
menggunakan akal sehat untuk menaklukkan nafsu indria, nafsu indria takkan berkobar
lagi.
Apa
yang dimaksud dengan pemikiran benci? Oleh karena setiap kali melihat gadis
jelita langsung muncul hati nafsu indria. Oleh karena hati nafsu indria ini
sehingga menyebabkan kita jatuh ke alam rendah. Dengan demikian barulah
menyadari si jelita lebih membahayakan daripada harimau, serigala, ular
berbisa, kalajengking, beratus-ratus bahkan beribu-ribu kali lipat ganasnya.
Terhadap
musuh berbuyutan ini, kalau masih begitu mendambakan dan berat untuk berpisah,
bukankah orang begini begitu dungu?
Pemikiran
ketidakbersihan maksudnya adalah ketika melihat pesona gadis jelita yang
menggetarkan kalbu, pikirkanlah kecantikannya hanyalah sebatas selembar kulit
saja. Apabila sehelai kulit luar tersebut dikoyak, maka akan tampak pemandangan
mengerikan yang membuat orang meliriknya juga tak sudi lagi.
Dibalik
kulit mulusnya terdapat tulang berulang, daging, nanah, darah, kotoran najis
dan air seni, memproduksi kotoran tiada henti. Tiada satupun sisi yang membuat
orang merasa suka dengannya. Namun kita malah terpesona dan dikelabui oleh
selembar kulit luar tersebut, sehingga api asmara pun berkobar-kobar.
Dengan
memakai pot bunga untuk menampung kotoran, mustahil manusia mau mengkaguminya.
Sekarang sehelai kulit luar gadis jelita itu tiada bedanya dengan pot bunga. Di
dalam kulit itu berisi kotoran-kotoran yang mengeluarkan bau busuk.
Bagaimana
boleh hanya menyukai selembar kulit luarnya saja, lalu melupakan di balik
kulitnya terdapat beragam jenis nanah dan kotoran yang baunya bukan main, bahkan
muncul nafsu indria pula!
Kalau
tidak merasa takut dan tidak menjalankan disiplin sila, tidak mempunyai
pengendalian diri, tidak membulatkan tekad menyingkirkan tabiat ini, maka hanya
bisa pasrah melihat penampilan luar si jelita, bagaikan panah asmara menusuk
hingga ke sumsum tulang, diri sendiri tidak mampu mencabutnya.
Tetapi
ketika terpikir akibat dari mengumbar nafsu indria, akibatnya jatuh ke alam
rendah, apakah takkan timbul rasa takut?
Maka
itu hendaknya senantiasa merenungkan tiga butir pemikiran di atas, sehingga
ketika bertemu dengan godaan, maka takkan diputar oleh pesona-nya, kalau tidak
demikian, maka walaupun bukan faktor godaan si jelita, namun hati juga akan
dibelenggu oleh tabiat nafsu indria. Maka itu harus serius mengenyahkan tabiat
buruk ini, barulah memperoleh pembebasan.
圓濤法師白話譯/王勇恭誦
乙、明對治習氣
白話譯文:
○ 93.色欲這件事情是全世界人的通病。不但中下根器的人被色所迷。就算是上等根器人,如果不畏懼戒慎,自我克制,也難免不被美色所迷。姑且看看古往今來多少出格豪傑,原本足以成為聖賢之人。只是因為沒有打破美色一關,反而成了下等愚癡的人,並且永墮惡道,這樣的人很難數得過來。《楞嚴經》說:“假如一切世界六道眾生,他們沒有淫欲心,就不會順著生死相續。您們修行三昧,本來為了出離塵勞。但是如果淫欲心不除去,是不可出塵勞的。”學道之人,本來為了出離生死。如果不痛下決心除去這個病,則生死根難斷,難以出離六道。即使是念佛法門,雖然是帶業往生。然而如果淫習堅實牢固,則便和佛的氣氛相隔,難以感應道交了。打算徹底斷絕色欲之禍,看到一切女人都作親想、怨想、不淨想。親想是什麼呢?就是看見老女人作母親想,年長的女人作姐姐想,年少的女人作妹妹想,年幼的女人作女兒想。欲心再盛也絕不敢對母親、姐姐、妹妹、女兒起不正當的念頭。看待一切女人,總是我們的母親、姐姐、妹妹、女兒。這樣就會用理智節制欲望,欲望就不能勃然而發了。怨想是什麼呢?就是凡是看到美女,就起愛欲心。由於這種愛欲之心,就會使我們墮入惡道。長劫受苦,不能出離。如果這樣想,那麼那些所謂美麗嬌媚的美女,就會比劫賊虎狼、毒蛇惡蠍、砒霜鴆毒,更加猛烈百千倍。對於這種極大的怨家,尚且依然戀戀不舍,難道不是個很糊塗的人嗎?不淨是什麼呢?就是看見美貌動人的女人,想想她只不過是外面有一層美麗的薄皮而已。如果揭去這張皮,就會慘不忍睹了。那些骨肉膿血,屎尿毛髮,淋漓狼藉。沒有一件東西是讓人喜愛的。但是我們卻被這張薄皮所蒙蔽,就妄生愛戀。用花瓶裝滿大糞,人尚且不能拿著賞玩。現在這個美人的薄皮,和花瓶沒有區別。而薄皮內所裝的東西,比大糞更加臭穢不堪。怎麼能貪愛她的外表,而忘記了她皮裏的種種臭穢之物,而隨意升起淫欲心啊!如果不畏懼戒慎,自我克制,痛下決心除去這種習氣。那麼就會只看到女人姿質美麗,致使愛箭入骨,不能自拔。平常尚且這樣,要想死後不入女腹,那是不可能的。投胎到人道女人的腹中還算可以。可是如果投胎到畜生道女腹中,那可怎麼辦啊?一想到這些,心神驚怖。然而想再看到美女時不起染汙心,必須在沒看到時候,常作以上三種觀想,那麼一旦境界現前,自然不會隨著境界而轉。否則就算美女的境界不現,意地上淫欲之心仍然纏綿,最終還是被淫欲習氣所束縛。所以應該認真滌除這種惡業習氣,才能夠得到自在的可能。【書二】三八
原文:
● 93.色欲一事,乃舉世人之通病。不特中下之人,被色所迷。即上根之人,若不戰兢自持,乾惕在念,則亦難免不被所迷。試觀古今來多少出格豪傑,固足為聖為賢。只由打不破此關,反為下愚不肖,兼復永墮惡道者,亦難勝數。《楞嚴經》云:“若諸世界六道眾生,其心不淫,則不隨其生死相續。汝修三昧,本出塵勞。淫心不除,塵不可出。”學道之人,本為出離生死。苟不痛除此病,則生死斷難出離。即念佛法門,雖則帶業往生。然若淫習固結,則便與佛隔,難於感應道交矣。欲絕此禍,莫如見一切女人,皆作親想、怨想、不淨想。親想者,見老者作母想,長者作姊想,少者作妹想,幼者作女想。欲心縱盛,斷不敢於母姊妹女邊起不正念。視一切女人,總是吾之母姊妹女。則理制於欲,欲無由發矣。怨想者,凡見美女,便起愛心。由此愛心,便墮惡道。長劫受苦,不能出離。如是則所謂美麗嬌媚者,比劫賊虎狼、毒蛇惡蠍、砒霜鴆毒,烈百千倍。於此極大怨家,尚猶戀戀著念,豈非迷中倍人。不淨者,美貌動人,只外面一層薄皮耳。若揭去此皮,則不忍見矣。骨肉膿血,屎尿毛髮,淋漓狼藉。了無一物可令人愛。但以薄皮所蒙,則妄生愛戀。花瓶盛糞,人不把玩。今此美人之薄皮,不異花瓶。皮內所容,比糞更穢。何得愛其外皮,而忘其皮裏之種種穢物,漫起妄想乎哉!苟不戰兢乾惕,痛除此習。則唯見其姿質美麗,致愛箭入骨,不能自拔。平素如此,欲其沒後不入女腹,不可得也。入人女腹猶可。入畜女腹,則將奈何?試一思及,心神驚怖。然欲於見境不起染心,須於未見境時,常作上三種想,則見境自可不隨境轉。否則縱不見境,意地仍復纏綿,終被淫欲習氣所縛。固宜認真滌除惡業習氣,方可有自由分。【書二】三八